Pengertian Sejarah yang benar

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah - Sejarah adalah sebuah kejadian yang pernah terjadi dimasa lampau, berdasarkan peninggalan sebuah peristiwa yang diambil dari sumber sejarah dan disusun dengan struktur yang baik dan benar.

Sejarah dalam bahasa inggris disebut History yang artinya ialah masa lampau atau bisa disebut juga masa lampau manusia. Dan dalam bahasa arab disebut Sajarotun yang artinya pohon dan keturunan.

Bisa kita lihat dan membaca silsilah dari sosok raja-raja, tampak ibarat sebuah pohon yang sederhana dan berkembang hingga menjadi pohon yang besar. Dalam kata lain sejarah dapat diartikan sebagai sebuah silsilah pada masa lampau.

Dalam bahasa negara Jerman sejarah disebut geschichte yang memiliki arti yang sama, yaitu sesuatu hal yang pernah terjadi, sesuatu yang pernah terjadi dalam masa lalu atau lampau dalam kehidupan manusia yang benar adanya kejadian itu.

Dalam bahasa Yunani disebut istoria, pemahaman tentang arti sejarah dalam bahasa yunani ini di artikan belajar, oleh karena itu sejarah adalah sumber ilmu pengetahuan yang menyimpan segala peristiwa yang pernah terjadi.

Terdapat tiga bagian dalam sejarah, yaitu adalah masa lampau atau dahulu, masa kini atau sekarang dan masa depan atau nanti. Tiga aspek ini yang akan menemani manusia dalam kehidupannya. Oleh karena itu masa lampau dijadikan sebagai titik tolak untuk mencerminkan masa depan.

Pengertian Sejarah

Pada masa sekarang ini , sejarah harus menjadi pembelajaran penting bagi generasi muda, untuk menjadi cerminan menuju ke masa depan penuh dengan kemajuan dan kesuksesan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kejadian dan peristiwa yang pernah terjadi dan memang nyata adanya, dapat memberi gambaran kepada generasi berikutnya tentang bagaimana kehidupan manusia serta kebudayaan yang terjadi masa yang telah berlalu. Sejarah juga dapat merumuskan tentang bagaimana sebab dan akibat dapat saling berhubungan dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Meskipun pada faktanya tidak semua sejarah tercatat maupun tersimpan dengan baik.

Sejarah akan terus terjadi selama waktu masih berputar. Karena sejarah berdasar 4 hal yaitu:


  • Ilmu sejarah berdasarkan kejadian masa lalu yang dilukis dan ditulis berurutan dengan waktu kejadian atau disebut juga kronologis.
  • Sumber informasi yang menjelaskan hubungan antara sebab dan akibat.
  • Penelitian yang dilakukan secara subjektif untuk menemukan kebenaran yang hakiki, berdasarkan fakta, berita, kejadian dan tempat.
  • Kejadian dan peristiwa meliputi 3 masa: masa lalu, masa kini, masa depan.

Oleh karena itu pentingnya sejarah tidak akan ada nilainya, tidak dapat di beli dengan uang atau harta lainnya. Karena dalam mempelajari sebuah sejarah, kita sebagai manusia diharuskan mempelajari sendiri-sendiri dan menganalisa sesuai kejadian yang ada.
Beberapa sikap bisa lihat disekitar ruang linkup hidup kita, tentu ada orang yang ingin menjadi sejarah, menunggu sejarah, dan menjemput sejarah.

Tak lain sejarah adalah membuat bagaimana seseorang mampu mengenal dan mencari tahu tentang apa dan siapa, bagaimana dan mengapa. Tokoh sejarah di indonesia juga sangat banyak, dan yang terpopuler adalah sosok sang Proklamator kemerdekaan negara Indonesia yaitu bapak Ir. Soekarno.


Demikian penjelasan singkat tentang pengertian sejarah yang dapat di tuliskan. semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Terima kasih

Related Posts