Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis - Metamorfosis merupakan proses perkembangan biologi, perkembangan yang terjadi secara biologi ini terjadi pada hewan dan mengakibatkan perubahan pada bentuk, struktur dan fisik. Yang akan terjadi setelah penetasan telur hingga dewasa.

Perubahan pada fisik dapat terjadi karena pertumbuhan sel-sel dan differensiasi sel yang secara radikal dan tentunya berbeda, pada umumnya metamorfosis akan dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Metamorfosis yang secara sempurna.
  • Metamorfosis yang tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna.

Metamorfosis yang sempurna adalah sebuah proses pertumbuhan hewan yang akan mengalami perubahan bentuk, bisa kita lihat proses perubahan bentuk itu dari perkembangan ulat menjadi kupu-kupu, dll. Pada dasarnya bahwa hewan yang baru saja menetas akan tampak berbeda dengan hewan yang sudah memiliki usia dewasa.

Mari simak penjelasan mengenai tahapan Metamorfosis yang sempurna dibawah ini:

Telur > larva > pupa > dewasa

Proses tersebut adalah proses Metamorfosis pada hewan secara sempurna, hewan yang mengalami Metamorfosis sempurna yang biasa kita lihat dalam keseharian kita yaitu kupu-kupu. Nyamuk, lalat, katak, dll.

Contoh hewan-hewan yang mengalami proses metamorfosis secara sempurna ialah nyamuk, kupu-kupu, katak dan lalat, simak gambar proses metamorfosis sempurna pada hewan-hewan tersebut di bawah ini:

Metamorfosis Sempurna Katak
Metamorfosis karak


Metamorfosis Sempurna Kupu Kupu

Metamorfosis Sempurna Kupu Kupu

Metamorfosis Sempurna Lalat
Metamorfosis Sempurna lalat


Metamorfosis Sempurna Nyamuk
Metamorfosis Sempurna Nyamuk

Beberapa gambar diatas merupakan proses metamorfosis yang terjadi secara sempurna, sedangkan untuk metamorfosis yang tidak sempurna, penjelasannya seperti berikut.

Metamorfosis tidak sempurna

Setelah membaca penjelasan diatas mengenai Metamorfosis sempurna, mari kita simak tulisan mengenai Metamorfosis tidak sempurna.

Apa itu Metamorfosis tidak sempurna? Metamorfosis tidak sempurna adalah sebuah proses yang terjadi pada hewan dalam masa pertumbuhannya dengan tidak mengalami perubahan pada bentuk maupun struktur tubuh, bentuk fisik akan terlihat sama untuk hewan yang telah dewasa maupun yang baru menetas.

Dikarenakan memang tahapan dalam menjalani masa Metamorfosis tidak sempurna tidak sama dengan Metamorfosis yang sempurna, simak penjelasan di bawah ini:

Telur > Nimfa > Dewasa

Untuk mengetahui jenisnya kita bsa lihat di keseharian kita hewan-hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna seperti capung, kecoa, dan belalang.

Metamorfosis Belalang

Metamorfosis Tidak Sempurna belalang


Metamorfosis Kecoa:

Metamorfosis Tidak Sempurna kecoa


Metamorfosis Capung

Metamorfosis Tidak Sempurna kecoa

Gambar  diatas merupakan proses untuk hewan yang mengalami Metamorfosis yang tidak sempurna, perbedaan yang terjadi bisa di perhatikan secara teleti. Dari gambar Metamorfosis sempurna dan Metamorfosis  tidak sempurna

Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Sebenanrnya masih banyak yang bertanya tentang letak Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Metamorfosis Tidak Sempurna itu dimanan? Coba simak sketsa sederhana di bawah ini:

Telur > Larva > Pupa > Dewasa merupakan Metamorfosis sempurna
Telur > Nimfa > Dewasa merupakan Metamorfosis tidak sempurna

Demikian penjelasan singkat mengenai Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Metamorfosis Tidak Sempurna, smoga tulisan singkat ini bisa membantu sobat dalam mengerjakan tugas biologi sobat, semoga bermanfaat.

Terima kasih

Related Posts