Pengertian Manajemen Menurut Para Pakar

Pengertian manajemen

Manajemen - Pengertian manajemen atau juga sesuatu yang mendefinisikan, pada umumnya pasti memiliki banyak sudut pandang mengenai persepsi dalam hal misi atu tujuan. Semua pemahaman hanya akan terfokus ke 1 inti, yaitu tentang pengambilan keputusan.

Pengertian manajemen sendiri sering kita dengar dalam keseharian kita terutama dalam dunia kerja, dalam kata lain manajemen juga bisa diartikan sebagai teknik seni dalam mengelola atau mengatur sesuatu tindakan. Seni disini diartikan sebagai aspek dalam rangka menjaga akan  kestabilan sebuah bisnis atau perusahaan dan organisasi.

Manajemen merupakan keahlian atau kemampuan untuk mempengaruhi orang lain supaya mau melakukan sesuatu buat kita. Manajemen mempunyai kaitan yang sangat erat dengan sosok leader atau pemimpin. Sebab pemimpin yang sebenarnya merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan membuat orang lain merasa lebih dihargai, sehingga orang lain akan senantiasa melakukan hal-hal yang menjadi cita-cita leader atau pimpinannya.

Sesuai hal yang disebutkan diatas bahwa manajemen itu adalah teknik seni dalam mengelola sesuatu hal. Tentu saja seni tidak akan hanya menggunakan satu metode saja, metode yang digunakan tentu harus sebanyak mungkin. Hal ini untuk kemudian menjadikannya sebuah seni yang bernilai tinggi. Oleh karena itu sebuah sistem yang hebat tentu memerlukan manajemen yang hebat juga, agar nantinya sistem tersebut berjalan seperti yang diharapkan.

Pengertian Manajemen Menurut Para Pakar

Pengertian Manajemen menurut para pakar

Pengertian manajemen sendiri menurut para pakar adalah sebuah definisi yang dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dalam ilmu manajemen sebagai sebuah landasan untuk memahami seperti apa kandungan dalam ilmu manajemen tersebut.

Mary Parker Follet - Manajemen adalah seni untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, pekerjaan yang dapat diselesaikan oleh orang lain. Hal ini berarti bahwa seorang yang bertugas sebagai manajemen, bertugas untuk mengatur serta mengarahkan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai yang diharapkan.

Lawrence A. Appley - Berpendapat mengenai manajemen dan mengartikan bahwa manajemen adalah sesuatu keahlian seseorang dalam menggerakan orang lain untuk menuju hasil yang diharapkan.

George R. Terry - mengungkapkan, manajemen adalah merupakan sebuah proses yang sangat khas yang terdapat dalam sebuah tindakan : pergerakan serta pengawasan, perencanaan dan peorganisasian. Hal tersebut untuk menentukan hingga mencapai sebuah target yang telah di rencanakan dengan memanfaatkan SDM (sumber daya manusia) dan melalui hal lainnya.

Dari pengertian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa arti dari manajemen adalah sebuah seni untuk mengatur sebuah sistem baik manusia atau perangkat lain untuk dapat bekerja dengan baik dan sesuai ketentuan yang ada.

Penjelasan di atas menjelaskan bahwa manajemen mengarah ke sebuah proses baik itu kepemimpinan, pengendalian, perencanaan, serta pengorganisasian, keempat proses mempunyai fungsi sendiri-sendiri untuk mencapai sebuah tujuan dalam pengambilan keputusan.

Fungsi dari Manajemen

Meski pada umumnya manajemen di artikan sebagai teknik sebuah seni, namun tetap harrus memiliki fungsi. Funsi manajemen secara umum di bagi menjadi empat hal, yaitu:

Perencanaan (Planning)

Manajemen menetapkan tujuan dan visi dan misi sebagai tindakan awal mendirikan perusahaan atau organisasi. Rencana disini identik dengan penyusunan startegi atau arah dan tujuan yang diharapkan.

Pengorganisasian (Organizing)

Manajemen mengatur seluruh sumber daya dengan sangat sistematis sesuai fungsi masing-masing.

Pengarahan (Directing)

Pengarahan pada tindakan guna meningkatkan efisiensi dan kinerja efektivitas secara optimal. Dengan memberikan pelatihan kerja, penjelasan tugas, motivasi, dll.

Pengendalian (Controlling)

Pengendalian dan penilaian untuk kinerjanya selama ini fungsi ini untuk mengetahui ada atau tidak hambatan atau kemudahan dalam menuju sebuah tujuan.

Perkembangan Ilmu Manajemen

Dalam perkembangan dunia finansial dan ekonomi, kontribusi manajemen pun semakin berkembang dengan pesat, baik dunia bisnis maupun korporasi. Faktanya praktik  akuntansi manajemen yang sangat inovatif dan relevan banyak dikembangkan dan di implementasikan oleh organisasi dan masyarakat.

Akutansi manajemen yang diperuntukan tema baru saat ini, yaitu :

Manajemen Aktivitas (Activity-Based Management)

Pemahaman tentang manajemen yang berdasarkan aktivitas adalah sebuah realisasi dari permintaan informasi yang relevan dan akurat. Manajemen aktivitas mentargetkan pada estimasi biaya yang berdasarkan analisis dan aktivitas sebagai nilai sebuah proses. estimasi dana berdasarkan aktivitas dapat mengontrol pengalokasian biaya aktivitas, produk, dll.

Pada inti adanya Activity Based Management bisa mempermudahkan perusahaan untuk menyaring aktivitas yang diperlukan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian manajemen menurut para pakar yang dapat dijelaskan. Semoga bermanfaat

Related Posts